BERITA TENTANG Mathematics
Semesta Bilingual Boarding School Cetak Para Pemenang Olimpiade
Semarang, CyberNews. SMP-SMA Semesta Bilingual Boarding School di penghujung 2007 mengukir banyak prestasi akademik. Yang paling menonjol adalah prestasi yang diraih dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) VI di Surabaya, Jawa Timur (2-8/9).

SMP-SMA Semesta Bilingual Boarding School menyumbangkan dua emas, empat perak, dan satu perunggu. Kontingen Jawa Tengahpun mencatatkan diri sebagai juara umum dalam kegiatan yang diadakan sekali setahun tersebut.

Mereka yang berhasil meraih medali adalah Lorenz VG da Silva (kelas XII IA Pa2). Ia meraih medali emas sekaligus predikat Absolute Winners dalam bidang Astronomi SMA. Sa'aadah Sajjana Carita (XI IA Pi) memeroleh medali emas di bidang Matematika SMA, Ismail Sunni (XII IA Pa1), Khoirul Anam (XII IA Pa1), dan Hendra Hadhil Choiri (XII IA Pa1), masing-masing meraih medali perak dalam bidang Matematika SMA.

Adapun Syahrindra Sofyan (IX A2) memeroleh medali perak di bidang Matematika SMP, dan Arief Rosiyanto (XII IA Pa2) mendapatkan medali perunggu dalam bidang Astronomi SMA.

General Manager Semesta Omer Demir menambahkan, Lorenz VG da Silva terpilih untuk mewakili Tim Nasional Indonesia dalam International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOOA) I yang diselenggarakan di Chiang Mai, Thailand, pada 2-8 Desember 2007.

Dari 89 peserta yang mewakili 21 negara, Tim Indonesia yang terdiri atas 5 siswa pilihan se-Indonesia berhasil meraih 1 emas, 2 perak, 1 perunggu, dan 1 Honorable Mention (HM). ''1 emas tersebut disumbangkan oleh Lorenz V.G. da Silva.''

Lorenz, yang bercita-cita masuk ITB tersebut mengatakan bahwa persaingan dalam kompetisi dunia itu sangat berat, terutama peserta dari kontingen Thailand. "Semua materi yang dilombakan susah, yang paling berat saat babak praktik. Tim Thailandlah yang paling menguasai bagian ini," ujarnya.

Kandidat Peserta IMO dan IBO 2008

Pada 2-14 Desember 2007, Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah mengadakan Pembinaan dan Seleksi Nasional untuk memilih calon peserta International Mathematic Olympiad (IMO) 2008. Dari 21 peserta terpilih nasional, diambil 11 besar.

Dari urutan peringkat tersebut, kata Omer, siswa SMA Semesta menduduki peringkat pertama atas nama Sa'aadah Sajjana Carita, Ismail Sunni peringkat 5, dan Hendra Hadhil Choiri peringkat 7.

''Satu siswa kami, yakni Yanuar Dwi Putra L ( kelas XII IA Pa) mengikuti pembekalan untuk International Biology Olympiad (IBO) yang berlangsung sampai 30 Desember 2007. ''

( ida nursanti/cn09 )